Timphan Ubi




Timphan merupakan salah satu jenis kue basah khas aceh, mungkin kalo daerah jawa agak mirip dengan jenang, mirip tetapi tidak sama baik secara kemasan atau rasa, karena timphan terbuat dari bermacam-macam adonan dasar seperti pisang, labu, ubi singkong) yang dicampur dengan beras ketan dan karakteristiknya agak lebih lembek daripada jenang, dikemas dalam bungkusan seperti pepes. Disini saya akan membagikan resep timphan ubi karena buatnya lebih simple sehingga mungkin siapa saja yang baru belajar membuat timphan akan bisa membuat timphan ubi, karena untuk pengolahan adonan tidak perlu diuleni sampai kalis seperti timphan yang berbahan dasar tepung dan campurannya, karena kalau dengan ubi kita hanya memakai bahan dasar adonan ubi parut saja tanpa tepung untuk adonan timphannya.
          Timphan sering disajikan saat acara besar keagamaan dan adat istiadat di Aceh, seperti hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, Acara Maulid Nabi Muhammad saw, acara Sunnah Rasul, Pesta Perkawinan, Khitanan, dan berbagai acara adat istiadat lainnya. Kalau ke Aceh kalau belum mencoba timphan rasanya belum sah untuk ke Aceh. 


BahanAdonan :
Ubi 2 Kg (Di parut dan di peras sedikit airnya)
Kelapa 1 butir (Ambil santal kental = 200 cc)
Daun Pisang Muda Secukupnya

Bahan Unti :
1 ½ butir kelapa parut.
Gula 300 gram
Gula merah satu batang. (untuk rasa manis sesuai selera)

Cara Membuat :
1.    Untuk Unti : Gongseng gula sampai berubah warna dan kemudian tambahkan air, masak sampai air hampir sedikit mendidih kemudian tambahkan kelapa dan gula merah aduk sampai unti matang dan sedikit agak kering.
2.    Untuk tepung timphan : Ubi parut yang telah diperas airnya di aduk dengan santan kental, sampai seperti sebelum di buang airnya.
3.    Kemudia ambil adonan ubi sebesar satu sendok makan, tipiskan dengan tangan dan taruk unti di tengahnya, lipat daun pisang bergulung ke depan, gulung sampai daun habis, dan lipat sisi atas dan sisi bawahnya seperti melipat thimpan biasa.
4.    Kalo semua timphan sudah terbungkus.
5.    Kukus timphan sampai matang.

Selamat Mencoba. (50 buah)

0 Response to "Timphan Ubi"

Post a Comment